Sunday, January 15, 2017

LAPORAN MENEJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI



Praktek lapang mata kuliah Manajemen Produksi Dan Operasi merupakan bagian integral dari mata kuliah ini, atau dengan kata lain sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan sajian materi yang telah di siapkan untuk mencapai tujuan mata kuliah dengan jumlah bobot 3 SKS
Manajemen produksi dan operasi adalah manajemen yang berhubungan dengan pengelolaan proses atau prosedur yang di tunjukkan untuk mengelola sejumlah masukan untuk menghasilkan barang/produk atau jasa yang akan dijual. MPO kegiatan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya untuk mencapai tujuan mentransformasikan masukan menjadi luaran secara efektif dan efisien.
Dalam rangka kerja pengembalian keputusan bidang produuksi dan operasi mempunyai 5 tanggung jawab utamayaitu:
a. Proses yaitu keputusan-keputusan dalam kategori menentukan proses fisik atau fasilitas yang di gunakan untuk memproduksi produk berupa barang atau jasa.
b. Kapasitas, yaitu keputusan-keputusan yang memberikan besarnya jumlah kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat.
c. Persediaan, yaitu membuat keputusan –keputusan dalam bidang produksi dan operasi mengenai apa yang di pesan, berapa banyak dipesan dan kapan pemesanan dilakukan.
d. Tenaga kerja, yaitu dalam MPO pengelolaan tenaga kerja atau sumber daya manusia merupakan bidang keputusan yang sangat penting.
e. Mutu/kualitas, yaitu fungsi produksi dan operasi ditandai dengan dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar terhadap mutu atau kualitas terhadap barang atau jas yang dihasilkan.
f. Keputusan dalam manajemen produksi dan operasi  dapat dibedakan atas:
Keputusan dalam perencanaan atau set-up produksi yang meliputi: Desain produksi, desain proses, pemilihan teknologi, mesin-mesin dll.
Keputusan dalam pengeoprasian sistem operasi sistem produksi yang meliputi: perencanaan, produksi, pengendalian, produksi, pengendalian produksi, pengendalian mutu, maintenence ( pemeliharaan) dan lain sebagainya.
Peranan manajemen produksi dan operasi sangat penting dalam perusahaan disebabkan dua hal:
a. Bidang produksi merupakan salah satu dari 4 fungsi bisnis perusahaan disamping pemasaran, keuangan, sumber daya manusia.
b. Merupakan salah satu penentu dalam penetapan tinggi rendahnya biaya produksi dari suatu barang (HPP) dan berpengaruh terhadap laba perusahaan.
Dari penelaahan singkat tersebut, maka manajemen produksi dan operasi di bedakan 2 jenis keputusan dalam pengelolaan/manajemen unit produksi.
1. Keputusan jangka panjang, yang terkait dengan kemampun penyiapan (set-up) sistem produksi meliputi :
a. Teknologi
b. Kapasitas
c. Sarana dan prasarana
Implikasinya: Investasi, Biaya Tetap, O/H
1. Keputusan jangka pendek, yang umumnya terkait dengan kemampuan pengoperasian sistem produksi meliputi :
a. Kuantitas dan waktu produksi
b. Kualitas
c. Biaya dan
d. Kelancaran operasi


UNTUK CONTOH LAPORAN LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI

Terimakasih telah berkunjung,.... Jangan lupa Komentar yah !!!....

No comments:

Post a Comment