Sunday, January 15, 2017

LAPORAN USAHA TANI



Ilmu usahatani adalah ilmu yang mempelajari bagaimana seseorang mengusahakan dan mengkoordinir faktor-faktor produksi berupa lahan dan alam sekitarnya sebagai modal sehingga meberikan manfaat yang sebaik-baiknya. Sebagai ilmu pengetahuan, ilmu usahatani merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara petani menentukan, mengorganisasikan, dan mengkoordinasikan penggunaan faktor-faktor produksi seefektif dan seefisien mungkin sehingga usaha tersebut memberikan pendapatan semaksimal mungkin (Suratiyah, 2008).
Usahatani dapat dikelompokkan berdasarkan corak, sifat, organisasi, pola, serta tipe usahatani. Berdasarkan corak dan sifatnya, usahatani dapat dilihat sebagai usahatani subsisten dan usahatani komersial. Usahatani komersial merupakan usahatani yang menggunakan keseluruhan hasil panennya secara komersial dan telah memperhatikan kualitas serta kuantitas produk, sedangkan usahatani subsisten hanya memanfaatkan hasil panen dari kegiatan usahataninya untuk memenuhi kebutuhan petani atau keluarganya sendiri.
Pertanian merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian suatu Negara. Pada masa krisis, hanya sektor pertanian yang mengalami pertumbuhan yang positif. Hal ini dapat dilihat bahwa tidak ada satu Negara majupun didunia dimana pertaniannya tidak maju. Tingkat kecanggihan pertanian di Negara maju misalnya, sama dengan tingkat kecanggihan sektor lainnya.
Pertanian menjadi landasan perekonomian suatu Negara, pertanian menjadi sumber pangan, sandang, dan papan yang bermutu, murah dan berkesinambungan bagi masyarakat suatu bangsa. Selain itu pertanian juga menjadi pemasok tenaga kerja bagi sektor manufacturing dan sektor jasa di perkotaan. Secara umum sasaran pembangunan pertanian jangka panjang aadalah terwujudnya pertanian yang berdaya saing, mantapnya ketahanan pangan secara mandiri, tercapainya kesempatan kerja penuh bagi masyarakat pertanian dan terhapusnya kemiskinan di sektor pertanian.
Strategi pembangunan pertanian adalah peningkatan produktivitas pertanian dan investasi pelayanan sosial dengan perbaikan lingkungan dan keterkaitan antar wilayah perdesaan dengan pusat pengolahan hasil pertanian dan pusat pertumbuhan disisi yang lain. Strategi ini mengidentifikasikan lima skala prioritas yang perlu di implementasikan secara konsisten dengan dukungan pemerintah pusat maupun daerah, sektor swasta dan organisasi masyarakat dalam hal mempercepatan pembangunan sumber daya manusia dan kewirausahaan, Memperkuat modal social melalui desentralisasi, gerakan kolektif dan pemberdayaan masyarakat, Repitalisasi produktivitas pertanian melalui peningkatan penerapan teknologi dan di persivikasi, Meningkatkan manajemen mutu sumber daya alam dan Mendukung system usahatani.
Pembangunan pertanian menurut Mubyanto (1989), di dasarkan pada orientasi lembaga peningkatan kesempatan kerja,meningkat kan dan membina lembaga pelayanan social khususnya pendidikan dan kesehatan serta memperkuat dan membina prasarana kelembagaan dan keahlian manajemen bagi penduduk desa.
Konsekuensi dagi Negara yang tergolong agraris, sektor pertaniaan merupakan bidang kehidupan yang paling pital begitu pun dengan Indonesia. Sebagai salah satu Negara yang sedang membangun, dimana 60% penduduknya bermata pencarian di sektor pertanian. Maka wajar dalam beberapa pelita, sektor pertanian selalu di dudukan pada prioritas yang utama.
Sektor pertanian memberikan sumbangan yang besar terhadap pembangunan di Negara-negara berkembang dengan alasan (gemmell,1992) :
1.         Pertanian umumnya adalah sektor dominan di kebanyakan Negara berkembang yang terlihat pada proporsi GDP yang di hasilkan oleh sektor ini (menurut sumbangannya terhadap penyerapan tenaga kerja total )
2.         Pertumbuhan sektor non migas sangat tergantung pada peningkatan penyediaan pangan yang mantap karena dapat menyebabkan inflasi
Pertanian menyediakan tenaga kerja bagi pertumbuhan sektor non pertanian.

UNTUK CONTOK LAPORANNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI

Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat,.. Jangan lupa Komentarnya,...

No comments:

Post a Comment