Wednesday, January 11, 2017

Laporan Praktikum Buah ( Morfologi & Anatomi Tumbuhan )



LAPORAN PRAKTIKUM V
MORFOLOGI DAN ANATOMI TUMBUHAN
BUAH (Fructus)
Buah Pisang (Musa paradisiacal)
Buah Sirsak (Annona muricata)
Buah Jeruk (Citrus aurantium)
Buah Mangga (Mangifera laurina)
                                                      Buah Pepaya (Carica papaya L.)




PENDAHULUAN
Latar Belakang
Buah-buahan merupakan salah satu sumber bahan pangan yang potensial dan banyak mengandung zat gizi terutama vitamin. Selain sebagai sumber vitamin, buah-buahan juga mengandung mineral dan pada jenis buah-buahan tertentu juga menghasilkan cukup banyak energi. Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium), buah biasanya mebungkus dan melindungi biji. Pertubuhansempurna dari bakal buah setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji yang masing-masing mengadung sel telur, bakal biji itu di buahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa peyerbukan yakni perpindahan serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik.
Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), Atau epikarp (epicarpium), yang di dalam disebut dinding dalam atau endocarp (endocarpium), serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium). (Kimball, 1999).
Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan  baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan  baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni  persatuan inti sel keduanya (Hidayat, 1995).
Tujuan praktikum
Adapun tujuan praktikum ini ialah untuk mengetahui struktur fisik buah-buahan secara langsung dan untuk mengetahui jenis buah yang tergolong tanaman semusim dan tahunan. Untuk mengenal berbagai jenis buah untuk membedakan setiap jenis buah berdasarkan warna, bentuk danaroma. Mengenal bermacam-macam buah sejati/telanjang dan buah palsu, semu dan tertutup.
Kegunaan praktikum
Adapun kegunaan praktikum ini ialah agar kita tahu bahwa tanaman memilik bentuk buah yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya dan agar kita mengetahui teknik-teknik praktikum.




TINJAUAN PUSTAKA
Buah Pisang (Musa paradisiacal)
Klasifikasi
Kingdom         : Plantae
Sub Kingdom  : Tracheobionta
Super Divisi    : Spermatophyta
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Liliopsida
Sub Kelas        : Commelinidae
Ordo                : Zingiberales
Famili              : Musaceae
Genus              : Musa
Spesies            : Musa paradisiacal
Morfologi
Buah pisang tersusun dalam tandan tiap tandan terdiri atas beberapa sisir dan tiap sisir terdapat 6 buah - 22 buah pisang tergantung varietasnya. Buah pisang umumnya tidak berbiji dan bersifat triploid. Kecuali pada pisang kluthuk yang bersifat diploid dan memiliki biji. Proses pembuahan tanpa adanya biji disebut dengan partenokarpi.
Ukuran buah pisang bervariasi tergantung pada varietasnya. Panjang antara 10 cm - 18 cm dengan ukuran diameter sekitar 2,5 cm - 4,5 cm. Buah berlinggir 3 alur - 5 alur, bengkok dengan ujung meruncing atau membentuk leher botol. Daging buah tebal dan lunak, kulit buah yang masih muda berwarna hijau dan ketika tua berubah menjadi kuning dan strukturnya bisa tebal dan tipis juga tergantung dari varietas pisangnya.
Ekologi
Iklim  tropis  basah,  lembab  dan  panas  mendukung  pertumbuhan pisang. Namun demikian pisang masih dapat tumbuh di daerah subtropis. Pada kondisi tanpa air, pisang masih tetap tumbuh karena air disuplai dari batangnya yang berair tetapi produksinya tidak dapat diharapkan.


a.       Curah hujan
Curah  hujan  optimal  adalah  2000 mm/tahun – 3000  mm/tahun  dengan  2 bulan kering. Variasi curah hujan harus diimbangi dengan ketinggian air tanah agar tanah tidak tergenang.
b.      Suhu
Pisang  dapat  tumbuh  dengan  baik  pada  kisaran  suhu  harian antara 25° C - 38° C,  dengan suhu optimum untuk pertumbuhan adalah sekitar 27° C dan suhu maksimumnya 38° C (Cahyono 2002). Pada sentra produksi tanaman pisang, suhu udara tidak pernah turun sampai di bawah 15° C dalam jangka waktu yang lama.
Suhu adalah derajat panas atau dingin yang diukur berdasarkan skala   tertentu   dengan   menggunakan   termometer.   Pengaruh   suhu terhadap tumbuhan sangat besar sehingga pertumbuhanya sangat bergantung padanya. Tanaman memerlukan  suhu tertentu agar dapat tumbuh  dengan  baik.  Untuk pertumbuhan  tanaman  diperlukan  suhu antara 15° C - 40° C, jika suhu berada di bawah 15° C atau di atas 40° C maka pertumbuhan tanaman akan menurun secara drastis.
c.       Cahaya
Cahaya  adalah  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi pertumbuhan   tanaman   pisang.   Kebanyakan   pisang   akan   tumbuh dengan   baik   pada   lahan   yang   terbuka,   tetapi   jika  memperoleh penyinaran  yang  berlebihan  maka  akan  menyebabkan terbakar oleh sinar matahari.
d.      Angin
Angin yang bertiup kencang dapat mengganggu pertumbuhan pisang, karena dapat menyebabkan daun pisang menjadi sobek. Daun pisang yang sobek ini dapat mengganggu proses fotosintesis.  Selain itu, angin  dengan  kecepatan  lebih  dari 4 m/detik  dapat  merobohkan pohon   pisang,   terutama   pisang   yang   sedang   berbuah   sehingga diperlukan penyangga agar tidak roboh dan tanaman pelindung untuk menghindari angin (Cahyono, 2002)
e.       Air
Pisang membutuhkan  cukup banyak air dalam pertumbuhanya. Untuk pertumbuhan optimalnya curah hujan yang dibutuhkan adalah berkisar antara 2000 mm/tahun - 3000 mm/tahun, dan kelembapan tanahnya tidak boleh kurang dari 60 %  – 70 % dari luas lahan. Pada daerah yang kurang air, pisang memperoleh pasokan air dari batangnya, tetapi tingkat produktivitas  buahnya menjadi  rendah.
Buah Sirsak (Annona muricata)
Klasifikasi
Kindom           : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
Kelas               : Dicotyledonae
Ordo                : Magnoliales
Famili              : Annonaceae
Genus              : Annona
Spesies            : Annona muricata
Morfologi
Bunga-bunganya teratur, 1 - 2 kuntum berada pada perbungaan yang pendek, berwarna kuning kehijauan, gagang bunga panjangnya sampai 2,5 cm, daun kelopaknya 3 helai, berbentuk segi tiga, tidak rontok, panjangnya sekitar 4 mm, daun mahkota 6 helai dalam 2 baris, 3 lembar daun mahkota terluar berbentuk bundar telur melebar, berukuran 3 cm - 5 cm x 2 cm - 4 cm. 3 lembar daun mahkota dalam berukuran 2 cm - 4 cm x 1,5 cm - 3,5 cm.  Benang sarinya banyak, tersusun atas barisan-barisan, menempel di torus yang terangkat, panjangnya 4 mm - 5 mm, tangkai sarinya berbulu lebat. Bakal buahnya banyak, berbulu lebat sekali, kemudian gundul (Dada, 2007).
Ekologi
Sirsak merupakan jenis yang paling mudah tumbuhnya di antara jenis-jenisAnnona lainnya dan memerlukan iklim tropik yang hangat dan lembab. Sirsak dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 m di atas permukaan laut , dan meluas sampai ke 25° LS pada lahan yang ternaung. Pertumbuhan dan pembungaannya sangat terhambat oleh turunnya udara dingin, serta hujan salju yang ringan saja sudah dapat membunuh pohon sirsak. (Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds.). 1997).
Buah Jeruk (Citrus aurantium)
Klasifukasi
Kindom           : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
Sub divisi        : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Ordo                : Rutales
Famili              : Rutaceae
Genus              : Citrus
Spesies            : Citrus aurantium
Morfologi
Jeruk manis (Citrus aurantium) adalah tanaman tahunan yang berasal dari Asia Tenggara, terutama Cina. Sejak ratusan tahun yang lampau, tanaman ini sudah terdapat di Indonesia, baik sebagai tanaman liar maupun sebagai tanaman di pekarangan.
Pada tahun 1980 produksi jeruk manis mengalami penurunan akibat terinfeksi Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD). Akibat terinfeksi CVPD maka petani mengalami kerugian yang sangat besar karna kematian sejumlah besar tanaman jeruk di berbagai sentra produksi. Oleh sebab itu, diadakan upaya rehabilitasi dan pengembangan jeruk manis yang bebas penyakit.
Ekologi
Untuk perbanyakan generatif, biji diambil dari buah dengan memeras buah yang telah dipotong, kemudian biji dikering anginkan di tempat yang tidak di sinari selama 2 – 3 hari hingga lendirnya hilang. Tanah persemaian diolah sedalam 30 – 40 cm dan dibuat petakan berukuran 1,15 m  – 1,20 m membujur dari utara ke selatan, jarak petakan 0,5 m – 1 m. Sebelum ditanami, tambahkan pupuk kandang 1kg/m2. Biji ditanam dalam alur dengan jarak tanam 1cm - 1,5 cm x 2 cm dan langsung disiram larutan POC NASA + 1 cc/liter - 2 cc/liter air. Persemaian diberi atap lalu bibit dipindahkan dan ditanam dalam polybag berukuran 5 cm x 35 cm. Bibit dipindahkan  setelah mencapai tinggi 20 cm atau pada umur 3 bulan – 5 bulan.

Buah Mangga (Mangifera laurina)
Klasifikasi 
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
Sub divisi        : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Sub Kelas        : Magnoliopsida
Ordo                : Sapindales
Famili              : Anacardiacea
Genus              : Mangifera
Spesies            : Mangifera laurina
Morfologi
Mangifera laurina (mangga) merupakan tanaman yang tergolong berdaun tunggal karena pada tangkai daunnya hanya terdapat satu helaian daun saja. Mangga mempunyai deskripsi Circumscriptio (bangun daun) Lanceolatus (berbentuk lanset),  Intervenium (daging daun) Papyraceus (seperti kertas), Margo folii (tepi daun) Integer (rata), Apex folii (ujung daun) Acuminatus (meruncing), Basis folii (pangkal daun) Acutus (runcing), Nervatio (pertulangan daun) Penninervis (menyirip), permukaan daun scaber (Kasap), dan duduk daun tersebar (Folio sparsa), (Gembong, 1985).
Ekologi
Mangifera laurina (mangga) merupakan tanaman buan tahuna berupa pohon yang berasal dari India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dengan suhu optimum antara 24° C - 27° C. Tanaman ini hidup di daerah tropis dengan curh hujan 1000  /tahun. Toleran dengan tingkat keasaman tanah atau pH 6 – 7,5 serta kelembaban tanah 70 % - 80 % . (Teberlinds, 1987).

Buah Pepaya (Carica papaya L.)
Klasifikasi
Kingdom         : Plantae
Sub Kingdom  : Tracheobionta
Divisi               : Magnoliophyta
Super Divisi    : Spermatophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Sub Kelas        : Dilleniidae
Ordo                : Violales
Famili              : Caricaceae
Genus              : Carica
Spesies            : Carica papaya L.
Morfologi
Pepaya termasuk dalam golongan buah sungguh (buah sejati) tunggal. Buah sejati tunggal yaitu buah sejati yang terdiri dari bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini dapat berisi satu biji atau lebih, dapat pula tersusun dari satu atau banyak daun buah dengan satu atau banyak naungan. Dalam buah pepaya terjadi dari beberapa daun buah dengan satu ruang dan banyak biji.
Pepaya juga termasuk buah buni (bacca).Yang disebut dengan buah buni adalah buah yang dagingnya mempunyai dua lapisan, ialah lapisan luar yang tipis agak menjangat atau kaku seperti kulit (belulang) dan lapisan dalam yang tebal, lunak dan berair, sering kali dapat dimakan. Biji-biji terdapat bebas dalam bagian yang lunak itu. Buah buni dapat terjadi dari satu atau beberapa ruang. Pepaya termasuk buah buni yang berdiding tebal dan dapat dimakan. Buah pepaya juga bentuknya bulat sampai lonjong.
Ekologi
Pepaya (Cacarica papaya, L) atau betik (bahasa Melayu) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam diseluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja".
Pepaya adalah Monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan 3 kelamin : tumbuhan jantan, betina dan banci (Hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai pepaya gantung, yang walaupun jantan kadang - kadang dapat menghasilkan buah pula secara parthenogenesis.





METODOLOGI
Waktu dan Tempat
Praktikum Morfologi dan Anatomi Tumbuhan Buah (Fructus) dilaksanakan di Laboratorium Tanah dan Konservasi Lingkungan  . Pada hari Selasa, 01 November 2016 pada pukul 13.00 WITA sampai selesai.
Alat dan Bahan
Adapun alat yang digunakan pada praktikum ini ialah buku gambar, pensil, mistar, pensil warna, penghapus  dan baju laboratorium. Sedangkan bahan yang digunakan ialah buah Pisang (Musa paradisiacal), buah Sirsak (Annona muricata), buah Jeruk (Citrus aurantium), buah Mangga (Mangifera laurina) dan buah Pepaya (Carica papaya L.).
Proseur Kerja
Adapun prosedur kerja yang dilakukan ialah:
1.   Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan praktikum
2.   Menyiapkan bahan (Buah tumbuhan) diatas meja
3.   Mengamati kemudian gambar buah tersebut pada buku gambar.
4.   Memberikan keterangan pada gambar berupa klasifikasi tanaman dan bagian-bagiannya.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil
Gambar Jenis Buah (Fructus)
Keterangan
Buah Pisang (Musa paradisiacal)
1.      Kulit Buah
2.      Daging Buah
3.      Biji Buah
Buah Sirsak (Annona muricata)
1.      Kulit Buah
2.      Daging Buah
3.      Biji Buah

Buah Jeruk (Citrus aurantium)
1.      Kulit Buah
2.      Daging Buah
3.      Biji Buah
Buah Mangga (Mangifera laurina)
1.      Kulit Buah
2.      Daging Buah
3.      Biji Buah
Buah Pepaya (Carica papaya L.)
1.      Kulit Buah
2.      Daging Buah
3.      Biji Buah


Pembasan
Buah Pisang (Musa paradisiacal)
 Bunga pisang keluar pada ujung batang dan hanya sekali berbunga selama hidupnya. Bunga pisang disebut jantung karena benetuknya seperti jantung. Jantung ini berwarna merah tua, tetapi ada pula yang berwarna kuning dan ungu. Setiap jantung terdiri atas satu atau banyak bakal buah (sisir). Setiap sisir dilindungi oleh sebuah daun kelopak.
Bunganya sempurna, tetapi pada ujung jantung umumnya berbunga jantan. Satu persatu akan mekar dan tampak sisirnya. Ujung jantung tidak mekar sehingga tersisa jantungnya.
Buah Sirsak (Annona muricata)
Sirsak memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, diantaranya karbohidrat, fruktosa, berbagai macam vitamin dan asam askorbat. Jadi jangan heran jika manfaat buah sirsak dalam kesehatan sangatlah besar. Berikut beberapa manfaat buah sirsak :
1.      Buah sirsak memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Sangat baik untuk membentuk tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis.
2.      Buat penderita asam urat, sebaiknya meminum jus sirsak dua gelas sehari.
3.      Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan. Konsumsilah buah sirsak setiap hari, di dalam sirsak terdapat 13 % kebutuhan serat pangan yang dibutuhkan tubuh, ini karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Dapat melumpuhkan sel kanker.
4.      Daun sirsak mengandung zat annonaceuos actogenins yang dapat membunuh kanker usus, prostat, payudara, paru – paru dan pancreas tanpa merusak sel yang sehat. Caranya anda rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, biarkan air tinggal satu gelas, diminum setiap pagi dan sore hari.
5.      Kandungan fruktosanya bisa membuat anda tetap segar, dan bisa mengalirkan energy. Ini karena fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang banyak terdapat dalam buah. Ini bisa jadi sumber karbohidrat alami yang baik untuk tubuh.
6.      Dapat mengobati bisul. Gunakan daun sirsak yang masih muda, tumbuk sampai halus, kemudian letakkan ditempat yang terkena bisul.
Buah Jeruk (Citrus aurantium)
Jeruk adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga citrus berbentuk pohondengan buah yang berdaging dengan rasa manis/masa dan segar Jeruk sangatlh beragamdan beberapa spesies dapat saling bersilangan. Asal jeruk adalah asia timur dan asia tenggara , jeruk manis dan sitrun/lemon berasal dari asia timur, sedangkan jeruk bali, jeruk.
 nipis dan jeruk purut berasal dari asia tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wangian maupun industry, buah jeuk adalah sumber  vitamin C dan daunnya juga digunakan sebagai rempah.

Buah Mangga (Mangifera laurina)
Mangga merupakan salah satu jenis buah yang keberadaannya melimpah di indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kemudian harganya lebih murah ketimbang buah lainnya seperti apel, anggur atau strawberry. Meski murah, tapi bukan berarti rasanya kalah dari buah lain. Secara umum, sensasi rasa buah mangga adalah perpaduan rasa manis dan juga asam. Semakin matang maka rasa manisnya akan mengalahkan rasa asamnya. Manfaat mangga bersumber dari kandungan senyawa yang ada di dalam daging buahnya. Selain memahami kandungan dan manfaat buah mangga, penting juga untuk memahami klasifikasi buah mangga.
Buah Pepaya  (Carica papaya L.)
Pepaya pohon yang berbentuk lurus dan bulat , tanman pepaya ini banyak sekali manfaat dan digunakan secara tradisional untuk orthiris dan reumatik. Di Philifina digunakan sebagai penyembuhan kanker. Pada buah pepaya terkandung asam butanat, metal, benzyl, glukosinolat, papain, asam alfalinolet, terpinolen dan terpineon, pada daun terkandung alkaloid, dehidrakarpain, pesedokarpain, vafonil, benzyl, glukosinolat, papain dan tanin.


PENUTUP
Kesimpulan
Buah-buahan merupakan salah satu sumber bahan pangan yang potensial dan banyak mengandung zat gizi terutama vitamin.
Buah-buahan memiliki struktur fisik secra langsung dan mempunyai warna yang berbeda-beda pula, buah memiliki macam-macam buah ada buah sejati, buah telanjan, buah palsu, buah semu, dan buah tertutup.
Saran
Sebaiknya terdapat dua asisten yang bertugas di sudut ruangan pada setiap praktikum dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar jalannya praktikum dapat lebih terawasi atau terkontrol dengan baik.

1 comment:

  1. JAMOKER Casino - Jammy Banglesville, IN Jobs | KTM Hub
    Find JAMOKER Casino jobs and 논산 출장안마 start earning real 목포 출장샵 money. 보령 출장샵 Start earning real money right from your JAMOKER online slots 계룡 출장마사지 and 나주 출장샵 casino.

    ReplyDelete